Tentang Kami

about-us-1

Apa itu Vegetarian?

Sebelum kami memulai, kami ingin mengenalkan apa arti Vegetarian. Vegetarian itu sendiri merupakan sebuah istilah yang dikenal sejak September 1847 oleh Joseph Brotherton di Northwood Villa, Kent, Inggris. Kata ini berasal dari bahasa Latin yaitu vegetus yang berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup, yang mana terdapat mitos bahwa manusia diimajinasikan dapat hidup hanya dari sayur-sayuran serta tanpa kacang, buah, biji-bijian, dan sebagainya. Definisi asli dari 'vegetarian' adalah dengan atau tanpa telur dan tanpa daging hewani, dan definisi ini masih digunakan oleh Vegetarian Society hingga sekarang. Hingga saat ini, banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan mengadopsi gaya hidup vegetarian, mulai dari mempercantik kulit tubuh, menurunkan kolestrol, terhindar dari berbagai penyakit serta menurunkan resiko terkena stroke.

Ada beberapa macam jenis yang dapat digunakan untuk menjadi seorang vegetarian yaitu:

  • Lacto-ovo-vegetarian, merupakan jenis vegetarian yang mengonsumsi sayuran dan beberapa bahan makanan yang terbuat dari susu dan telur. Tipe vegetarian ini merupakan level vegetarian terendah dibandingkan dengan level lainnya.
  • Lacto-vegetarian, merupakan golongan vegetarian yang mengonsumsi sayuran dan susu, namun tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari bahan dasar telur.
  • Ovo-vegetarian, merupakan kelompok vegetarian yang mengonsumsi sayuran dan telur sebagai bahan makanan, akan tetapi sama sekali tidak mengonsumsi makanan yang berbahan dasar susu.
  • Vegan, merupakan kelompok vegetarian yang paling ketat. Mereka hanya makan bahan makanan dari nabati/sayuran saja dan tidak mengonsumsi semua bahan makanan yang berasal dari produk olahan hewani, hingga madu dari lebah pun. Diketahui, para vegan juga ikut menentang penggunaan produk non-makanan yang berasal dari hewan, misalnya pakaian dan sepatu yang terbuat dari kulit hewan dan lainnya, serta produk yang diujicobakan pada hewan seperti beberapa jenis kosmetik dan obat-obatan.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang bisa diambil dengan mengadopsi pola hidup bervegetarian, banyak di antara lapisan masyarakat yang mulai mengganti pola hidup mereka dengan pola hidup bervegetarian. Akan tetapi, untuk menjadi seorang vegetarian di tengah masyarakat jaman sekarang ini, tentu saja tidaklah mudah karena masih minimnya informasi tentang bagaimana memulainya. Hingga kini, sedikit sekali situs yang membahas vegetarian terutama di Indonesia, sehingga banyak sekali para pemula kesulitan memilih kandungan makanan yang cocok serta bahan makanan apa yang dapat digunakan untuk substitusi gizi protein dan lemak yang dibutuhkan tubuh kita.

Mengingat dan menimbang begitu besarnya manfaat yang bisa didapat dari pola hidup vegetarian, dan minimnya informasi yang diperlukan para pelaku vegetarian dalam mencari informasi serta keterbatasan situs yang ada di Indonesia yang membahas tentang vegetarian, maka kami dengan bangga mempersembahkan situs kami dengan harapan agar informasi yang kami bagi di sini dapat membantu para pelaku pola hidup vegan dan vegetarian untuk mengetahui informasi seputar dunia vegetarian yang dibutuhkan

Kelebihan Situs www.vegetariandiary.com?

Banyak orang beranggapan dengan mengadopsi pola hidup vegetarian tubuh kita akan lemas, kurang energi, serta kekurangan protein dan lemak dalam tubuh. Pernahkah Anda mendengar bahwa dengan tidak mengonsumsi daging dan hanya makan sayuran dapat membuat kulit dan wajah Anda menjadi pucat seperti orang sakit? Dalam teori tentang kesehatan yang menyatakan bahwa tubuh kita sangat membutuhkan protein dan lemak baik di tubuh kita tidak sepenuhnya salah, namun untuk memperoleh protein dan lemak yang baik tidak harus didapat dari makanan berbahan dasar hewani saja. Hingga kini, banyak sekali penelitian yang dilakukan oleh para ahli untuk mencari pengganti protein dari bahan dasar hewani. Tahukah Anda apa saja jenis makanan yang dapat digunakan sebagai bahan dasar pengganti protein hewani? Ada beberapa macam pengganti protein hewani yang dapat digunakan untuk bahan dasar makanan bagi vegetarian, yaitu: Telur, Susu, Tahu, Tempe, Selai Kacang, Keju Cottage, Kacang Merah, Edamame (Kacang Jepang), Quinoa, Kacang Polong, Jamur, dan masih banyak lagi.

Untuk menjadi seorang vegetarian itu bukan berarti kita harus makan masakan rumah setiap hari. Sesekali mungkin kita ingin makan di luar seperti makan di sebuah restoran di mall atau di manapun Anda pergi. Namun pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam mencari/memilih menu makanan ketika Anda akan makan di restoran tersebut? Anda juga pasti pernah mengalami kebingungan untuk mencari restoran mana yang menunya bisa dikonsumsi oleh kita sebagai pelaku vegetarian karena keterbatasan dalam memilih menu yang disajikan. Begitu minimnya informasi di internet tentang ulasan restoran dengan menu khusus vegetarian atau lokasi restoran, seringkali membuat kita kesulitan untuk memilih restoran mana yang akan kita kunjungi.

Ada kalanya bagi kita, khususnya perempuan/ibu-ibu yang memiliki keluarga dengan pola hidup bervegetarian, yang ingin menyajikan masakan ataupun kudapan yang murni vegetarian, tapi tidak tahu bagaimana resep dan cara mengolah makanan vegetarian tersebut. Pernahkah Anda mengalami kesulitan untuk mencari informasi tersebut di internet? Menu vegetarian yang ditawarkan di internet mungkin tidak semua bisa dipraktekkan mengingat bahwa tiap pelaku vegetarian mengadopsi jenis/kelompok vegetarian tertentu.

Untuk Anda para pelaku vegetarian yang tidak tinggal di kota besar dan berkeinginan untuk membeli bahan dasar masakan vegetarian dan makanan olahan vegetarian setengah jadi, namun bingung untuk mencari tempat yang menjual bahan makanan tersebut. Pernahkah Anda mencari-cari di mana saja bahan makanan tersebut dijual? Dengan kecanggihan teknologi sekarang, mungkin Anda akan melakukan pencarian di internet mengenai situs penjual bahan makanan olahan tersebut namun ternyata sangat sedikit sekali informasi tentang penjual bahan makanan olahan untuk pelaku vegetarian.

Bagi Anda para produsen makanan olahan vegetarian, mungkin selama ini hanya memasarkan bahan makanan tersebut di restoran-restoran dengan menu khusus vegetarian karena Anda kesulitan untuk mencari tempat pemasaran yang pas untuk menjual hasil produksi Anda, termasuk karena kurangnya media sosial ataupun situs yang bisa digunakan untuk memasarkan produk Anda.

Beberapa komunitas vegetarian di jaman sekarang ini mungkin sudah mulai aktif dalam memasarkan atau mengampanyekan dan mengajak masyarakat untuk mengikuti pola vegetarian melalui kegiatan sosial, bazar vegetarian untuk menggalang dana ataupun hanya sekedar untuk memperkenalkan makanan vegetarian. Tetapi terkadang sulit sekali untuk melakukan promosi mengingat selama ini mayoritas publikasi hanya dilakukan lewat vihara, kelenteng, ataupun rumah komunitas, akibat masih kurangnya media sosial yang bisa digunakan untuk promosi/iklan kegiatan yang akan dilaksanakan.

Dengan bergabung bersama kami, Anda yang merupakan pelaku vegetarian dapat dengan mudah memperoleh informasi tentang bahan makanan substitusi protein dan lemak dan mendapatkan informasi tentang ulasan lengkap restoran vegetarian terkini terutama tentang menu yang disajikan. Kami juga akan berbagi seputar resep masakan vegetarian yang menarik dan enak untuk disajikan, menjadi pelopor sekaligus media pemasaran produk makanan olahan vegetarian yang dijual oleh para produsen sehingga dapat dengan mudah menjangkau konsumen, serta menjadi pusat promosi kegiatan terkait vegetarian seperti bazar, penggalangan dana, dan lainnya.

Tentang Penulis

Perkenalkan saya sebagai penulis sekaligus founder website vegetarian diary indonesia bernama Yelita Arianty Rustam atau biasa di panggil Lita. Saya lahir dan besar kelahiran 22 Maret 1990 di Kota Padang, merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara. Menempuh jenjang pendidikan hingga S1 di Kota Padang yang amat saya cintai. Saya merupakan tipe orang yang senang untuk merantau dan melakukan hal-hal baru, Namun hanya saja sekarang saya memilih untuk berdomisili di Jakarta, dikarenakan pekerjaan utama saya yang mengharuskan saya untuk di berdomisili di Ibukota ini.

Saya mengawali karir saya sebagai karyawan swasta biasa, dan menulis merupakan hobi saya sejak lama, dan alasan saya mengapa saya memutuskan untuk membuat website ini adalah, di karenakan saya ingin membagi informasi seputar dunia vegetarian kepada orang banyak, saya sendiri mungkin sangat baru di dunia vegetarian, namun dengan semangat yang amat tinggi saya ingin sekali mencari informasi lebih tentang vegetarian, semoga website ini berguna untuk kita semua ya.. 😀

 

Regards,

Yelita Arianty Rustam

Selebritis Dunia yang Menganut Vegetarian

Berikut ini adalah beberap selebritis penganut pola hidup vegetarian.

Andy Lau
Aktor/Produser/Penyanyi

"Saya seorang Vegan, Bahkan anak saya juga sudah Vegan sejak didalam kandungan"

Siapa yang tidak mengenal Andy Lau, Aktor/Produser sekaligus penyanyi kelahiran 27 September 1961 ini merupakan salah satu orang yang mengadopsi gaya hidup vegetarian dalam kehidupan sehari-harinya.

Banyak orang yang mungkin selama ini belum tahu bahwa aktor yang satu ini merupakan seorang vegan yang sangat ketat dalam memilih makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Menurut sumber yang didapat, anak dan istri Andy juga mengikuti Andy untuk menjadi seorang vegan.

Bagi Andy, menjadi seorang vegan tidaklah sulit karena hanya membutuhkan kemauan yang kuat dan kesadaran bahwa pola makan sehat sangat membantu dalam menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. Perkataan Andy ini tentu saja bisa kita buktikan sendiri. Memasuki usia 55 tahun, Andy masih saja terlihat awet muda, fresh, dan bugar. Sangat jauh jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak hidup bervegetarian. Jadi tunggu apa lagi? Yuk mari sama- sama kita mulai pola hidup sehat sebelum terlambat. 😀

Eric Teagan

Vice President

Include a short bio with an interesting fact about the person.

Next Steps...

This is should be a prospective customer's number one call to action, e.g., requesting a quote or perusing your product catalog.